Rabu, 13 Januari 2016

Bussines Plan

Rencana Bisnis
VEGEBON
KULINER

9k=.jpg




Semarang, November 2015
Disusun oleh:
Jayanti Indah Lestari         1102414059
Jl. Margasatwa 6 Banaran, Gunung Pati, Klaten
No. Telepon (0271)93748397 No. Fax (0271)973593
Alamat E-mail vegebon@gmail.com Situs Web www.vegebon.com



1.   RINGKASAN EKSEKUTIF

: VEGEBON
: KULINER
: MAKANAN
: AREA UNNES & UNDIP
: WILAYAH KOTA SEMARANG
: Rp20.000.000/bulan
: Rp 12.000.000/bulan
: 10 bulan


2.   LATAR BELAKANG PERUSAHAAN

2.1   DATA PERUSAHAAN

1.         Nama Perusahaan
VEGEBON

2.         Bidang Usaha
Kuliner

3.         Jenis Produk / Jasa
Makanan

4.         Alamat Perusahaan
Jl Margasatwa 6 Banaran, Gunung Pati, Semarang

5.         Nomor Telepon/Fax
(0271)93748397


6.         Alamat E-mail


7.         Bank Perusahaan
Bank Mandiri

8.         Bentuk Badan Hukum
Perseorangan

9.         Nomor Akte Pendirian
-

10.     N P W P
-

11.     Mulai Berdiri
3 Januari 2015

2.2   BIODATA PEMILIK / PENGURUS

1.         Nama
Jayanti Indah Lestari

2.         Jabatan
Owner

3.         Tempat dan Tanggal Lahir
Jakarta,  3 Januari 1997

4.         Alamat Rumah
Sidodadi 03/01, Tangkil, Kemalang, Klaten, Jawa Tengah

5.         Nomor Telepon
081568228919

6.         Nomor Fax
(0271)973593

7.         Alamat E-mail

8.         Pendidikan Terakhir
S1 Pendidikan

9.         Pengalaman Kerja
Karyawan Dinas Pendidikan Kab. Semarang

2.3   STRUKTUR ORGANISASI




2.4   SUSUNAN PEMILIK / PEMEGANG SAHAM



3.   ANALISIS PASAR DAN PEMASARAN

3.1   PRODUK / JASA YANG DIHASILKAN

VEGEBON merupakan salah satu produk abon. Dimana Vegebon dibuat dari kluwih yang adalah buah dari pohon kluwih yang tumbuh sangat banyak di Kabupaten Klaten yang belum dimanfaatkan secara optimal. Vegebon ini dibuat dari buah kluwih yang dipadu dengan bahan dan bumbu pendukung lainnya sehingga menghasilkan abon vegetarian yang berkualitas dan bercitarasa tinggi tanpa bahan kimia dan bahan pengawet. Walaupun terbuat dari buah kluwih dan tidak ada campuran daging sapi maupun ayam didalamnya namun citarasa abon vegetarian ini tak kalah dengan abon daging lainnya, rasanya tetap beraroma daging.
Vegebon ini dikemas dengan kemasan unik dan kedap udara sehingga tetap awet walaupun tanpa bahan pengawet. Ada beberapa kemasan vegebon yaitu plastic hemat, sedang dan besar serta toples sedang. Vegetarian Abon atau Vegebon ini memiliki 2 varian rasa, yaitu original dan pedas.

KEUNGGULAN PRODUK YANG DIMILIKI

1.         Cocok bagi vegetarian
2.         Harganya terjangkau karena bahan baku murah
3.         Bahan baku mudah didapat
4.         Sebagai pengganti lauk yang cocok jika menghendak icitarasa daging tanpa kandungan daging didalamnya

3.2   GAMBARAN PASAR (X)

DATA NILAI PENJUALAN (3 – 5 TAHUN TERAKHIR)

Langkah pertama yaitu menganalisa pasar dan mewawancara konsumen bagaimana produk vegebon yang diinginkan, setelah itu menentukan kebijakan selanjutnya agar proses produksi dan pemasaran produk dapat meningkat. Memperbaiki sistem yang sudah ada.



KEGIATAN PEMASARAN DAN PROMOSI YANG SUDAH DILAKUKAN

    PERSONAL SELLING
Promosi yang dilakukan melalui berbagai cara yaitu melalui siaran radio FM yang populer di kawasan Unnes Sekaran brosur, mengikuti pameran kuliner, hingga promosi secara online.

    PAMERAN
Untuk promosi melalui pameran, kami harus selalu up to date tentang adanya event-event tertentu yang menguntungkan, kami bisa mendirikan stand “Vegebon” dan memamerkan serta memasarkan produk vegebon.

    BROSUR
Brosur kami desain sendiri  terdiri dari gambar dan tingkatan harga dan ukuran vegebon.

    ADVERTISING / IKLAN
Untuk promosi atau mengiklankan vegebon melalui online dan radio FM.

3.3   TARGET ATAU SEGMEN PASAR YANG DITUJU

GAMBARAN KARAKTERISTIK PEMBELI / PENGGUNA

Di kawasan Unnes Sekaran adalah kawasan mahasiswa yang sebagian besar dengan kondisi keuangan menengah ke bawah. Terkadang mereka membutuhkan lauk untuk makan dengan harga terjangkau namun berharap makanan dengan harga terjangkau itu enak, selain itu kebanyakan mahasiswa menghindari makan sayur dan lebih memilih makan hanya dengan lauk saja. Nah ddengan adanya inovasi salah satu produk lauk yang dibuat dari tumbuhan dan harga terjangkau yaitu Vegebon atau Abon vegetarian yang terbuat dari buah kluwih ini mahasiswa bisa menyediakan lauknya dengan harga yang terjangkau, enak dan sehat.

3.4   TREND PERKEMBANGAN PASAR

PERKIRAAN JUMLAH DAN NILAI RATA-RATA PERMINTAAN PRODUK PER TAHUN
22 Kwintal Vegebon pertahun
1 kg harganya Rp 72.000
22 x Rp 72000 = Rp 158400000

3.5   PROYEKSI PENJUALAN

             Pada awal pemasaran konsumen belum tau dan mengerti tentang produk vegebon ini, sehingga mereka belum percaya, selanjutnya dari tahun ke tahun konsumen sudah tau citarasa dan manfaatnya jadi konsumen meningkatkan pembelian di samping itu promosi dari perusahaan juga semakin meningkat.


3.6   STRATEGI PEMASARAN

    PENGEMBANGAN PRODUK
              Produk Vegebon ini dikemas dengan berbagai ukuran dari kemasan hemat, sedang hingga besar dengan harga yang bervariasi pula. Vegetarian Abon ini terdiri dari  varian rasa yaitu original dan pedas.

    PENGEMBANGAN WILAYAH PEMASARAN
Pengembangan wilayah bagi pemasaran vegebon didasari pada promosi yang dilakukan melalui pamphlet, brosur, online dan siaran radio yang ada di sekitar UNNES Sekaran dan kampus UNDIP. Disamping itu juga bekerjasama dengan minimarket-minimarket terdekat untuk memasarkan produk vegebon.

    KEGIATAN PROMOSI
Kegiatan Promosi yang dilakukan adalah melalui berbagai cara yaitu melalui siaran radio FM yang populer di kawasan Unnes Sekaran brosur, mengikuti pameran kuliner, hingga promosi secara online dengan cara unik serta menjelaskan kelebihan-kelebihan dari  vegebon.

    STRATEGI PENETAPAN HARGA
           Harga produk Vegebon ditentukan dari penyesuaian antara proses produksi dan promosi dengan pasar.

3.7   ANALISIS PESAING

PESAING
KEUNGGULAN
KELEMAHAN
Abon Sapi
1.         Dengan daging Asli
2.         Nilai gizi protein tinggi
1.         Harga mahal, jarang terjangkau dikalangan mahasiswa

3.8   SALURAN DISTRIBUSI

WILAYAH PEMASARAN DAN JALUR DISTRIBUSI YANG DIRENCANAKAN

1.     Wilayah Pemasaran
√     Lokal........................ 50. %
√     Regional................... 40. %
√     Nasional................... 10. %
    Ekspor........................ 0. %

2.     Jalur Distribusi
     Individu
     Industri
    Pemerintah
    Lain – Lain
√     Distributor
√     Retailer
    Eksportir


3.     Alamat Showroom / Counter Penjualan (Milik Perusahaan)
5.         Rumah Vegebon, Jl Margasatwa



4.   ANALISIS PRODUKSI

4.1   PROSES PRODUKSI

PROSES PRODUKSI
BAHAN BAKU
TEKNOLOGI
Belanja bahan baku
Kluwih, daun salam, jeruk purut, serai, lengkuas, santan, minyak, bawang putih & merah, kemiri, ketumbar, jintan, gula jawa, garam.
Tradisional
Kukus (boleh juga direbus) Kluwih sampai lunak, angkat. Peras jika dirasa terlalu berair.
Suwir – suwir atau tumbuk halus

Kluwih
Tradisional
Panaskan 2 sdm minyak goreng, tumis bumbu halus sampai harum, masukkan daun salam, daun jeruk,lengkuas dan serai, masukkan santan. Didihkan sambil diaduk2 hingga tinggal kira-kira setengah volume semula, kecilkan api untuk menjaga santan tetap mendidih.


Masukan Tewel/kluwih sedikit-sedikit sambil terus diaduk. Masak sambil diaduk-aduk hingga setengah kering/lembab. Angkat. Jadilah abon basah
Panaskan wajan dan minyak goreng agak banyak, goreng Abon basah sampai kering (biasanya jika digesek tangan bergemerisik)


Untuk hasil yg bagus, sebaiknya memasukkan abon waktu digoreng jangan terlalu banyak.
Setelah selesai Tiriskan.


Kemas dalam wadah kedap




KEUNGGULAN PROSES YANG DIMILIKI

1.         Menggunakan alat tradisional maka tidak perlu mesin modern sehingga menghemat daya listrik.
2.         Tidak menggunakan bahan pengawet sehingga baik bagi kesehatan
3.         Tidak menggunakan bahan pewarna

4.2   BAHAN BAKU DAN PENGGUNAANNYA

BAHAN BAKU

KEBUTUHAN
RATA-RATA PER BULAN
SUMBER
Kluwih
180 kg
Klaten
Daun salam
30 lembar
Pasar Ungaran
Daun jeruk purut
15 lembar
Pasar Ungaran
Serai
30 batang
Pasar Ungaran
Santan
25 liter
Pasar Ungaran
Minyak
50 liter
Pasar Ungaran
Bawang merah bawang putih, ketumbar, kemiri, jintan, garam

Pasar Ungaran
Gula Jawa
30 batang
Pasar Ungaran

4.3   KAPASITAS PRODUKSI

FASILITAS DAN MESIN PRODUKSI YANG DIMILIKI

*) tanah, bangunan, mesin dan peralatan produksi

KAPASITAS PRODUKSI RATA-RATA PER BULAN
Rata-rata produksi ”Vegebon” 180 kg

4.4   RENCANA PENGEMBANGAN PRODUKSI

STRATEGI DAN TAHAP-TAHAP RENCANA PENGEMBANGAN PRODUKSI

1.         Menganalisa pasar
2.         Menganalisa produk
3.         Melakukan inovasi
4.         Menentukan kebijakan
5.         Mengimplementasikan kebijakan terhadap produk

RENCANA PENAMBAHAN FASILITAS DAN MESIN PRODUKSI (X)

*) tanah, bangunan, mesin dan peralatan produksi

TARGET KAPASITAS PRODUKSI RATA-RATA PER BULAN *)
250 kg ”Vegebon” perbulan
*) setelah penambahan fasilitas dan mesin produksi


5.   ANALISIS SUMBERDAYA MANUSIA (SDM)

5.1   ANALISIS KOMPETENSI SDM

     

KEUNGGULAN DAN KOMPETENSI SDM LAIN-LAIN

1.         Kemampuan yang dimiliki karyawan dalam bagian produksi harus bisa memasak dengan aturan yang ada dalam resep rahasia vegebon
2.         Bagian manajemen dan administrasi harus mumpuni menggunakan komputer
3.         Kemempuan di bidang pemasaran harus berpenampilan menarik, kerja keras dan mampu mendesain produk serta alat promosi sebaik mungkin.

5.2   ANALISIS KEBUTUHAN DAN PENGEMBANGAN SDM (X)

JABATAN
Tingkat Pendidikan
Pengalaman (tahun)
Keterampilan Khusus
Bagian Produksi
SMU
2
Bisa memasak secara tepat
Bagian Pemasaran
S1
2
Bisa komputer, desain, berpenampilan menarik
Bagian Administrasi
SMU
1
Bisa komputer, teliti
Manajemen
S1
2
Bisa komputer






6.   RENCANA PENGEMBANGAN USAHA

6.1   RENCANA PENGEMBANGAN USAHA

    STRATEGI PEMASARAN
-           Menganalisa pasar
-           Menyiapkan alat pemasaran (brosur, pamphlet)
-           Mengikuti event-event yang ada untuk mempromosikan
-           Mengiklankan produk di siaran radio
-           Bekerjasama dengan minimarket-minimaket.

    STRATEGI PRODUKSI
-           Produksi menggunakan alat tradisional, sehari menghasilkan 20 bungkus kemasan hemat, 5 bungkus kemasan sedang dan 5 bungkus kemasan besar
-            

    STRATEGI ORGANISASI DAN SDM
-           Karyawan terdiri dari 5 orang karyawan dan semuanya dibekali sifat pelayan.
-           Diterima dengan cara perekrutan

    STRATEGI KEUANGAN
-           Keuangan di kelola oleh bagian manajemen dimana setiap akhir bulan harus ada pelaporan keuangan dan tutup buku setiap akhir tahun.

6.2   TAHAP-TAHAP PENGEMBANGAN USAHA

KEGIATAN
bulan ke -
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
11
12
Perkenalan produk, menyebar brosur dan bekerjasama dengan mini market sekitar UNNES Sekaran











Pemasaran vegebon









Perkenalan produk, menyebar brosur dan bekerjasama dengan mini market sekitar kampus UNDIP











Pemasaran vegebon di 2 wilayah





















7.   ANALISIS KEUANGAN

7.1   LAPORAN KEUANGAN

                                   
TAHUN 2015
 




1)  sesuai dengan Bab 4.4 Rencana Pengembangan Produksi lihat tabel Rencana Penambahan Fasilitas dan Mesin Produksi
2)  sesuai dengan Bab 7.3 Tahapan Pengembangan Teknologi Informasi lihat tabel Rencana Penambahan Peralatan dan Sistem Informasi





7.4   RENCANA KEBUTUHAN PINJAMAN (X)

TOTAL NILAI KEBUTUHAN PINJAMAN / MODAL *)
Rp 4.000.000
*)  sesuai dengan PENERIMAAN PINJAMAN pada tabel RENCANA ARUS KAS untuk tahun pertama Bab 8.3 Rencana Arus Kas (Cash – Flow)
TOTAL NILAI KEBUTUHAN MODAL INVESTASI *)
Rp 12.000.000
*)  sesuai dengan Bab 8.2 Rencana Kebutuhan Investasi
TOTAL NILAI KEBUTUHAN MODAL KERJA *)
Rp 2.000.000
*)  total nilai kebutuhan pinjaman / modal dikurangi total nilai kebutuhan modal investasi

7.5   RENCANA PENGEMBALIAN DANA PINJAMAN

JANGKA WAKTU PENGEMBALIAN *)
10 bulan
*)  sesuai dengan masa berakhirnya pembayaran angsuran pokok pada tabel RENCANA ARUS KAS Bab 8.3 Rencana Arus Kas (Cash – Flow)
MASA TENGGANG PEMBAYARAN *)
Tanggal 2
*)  sesuai dengan masa tenggang pembayaran angsuran pokok pada tabel RENCANA ARUS KAS Bab 8.3 Rencana Arus Kas (Cash – Flow)

7.6   AGUNAN YANG DIMILIKI

1.         Jenis Agunan
Sepeda Motor

2.         Spesifikasi dan Keterangan Lain-Lain
Sepeda motor tahun 2010

3.         Aspek Legalitas


4.         Nilai Agunan
Rp 9.000.000


8.   ANALISIS DAMPAK DAN RESIKO USAHA

8.1   DAMPAK TERHADAP MASYARAKAT SEKITAR

Dampak pemasaran produk vegetarian Abon “Vegebon” terhadap masyarakat yaitu masyarakat dapat mengkonsumsi makanan sehat dengan citarasa yang enak serta harga terjangkau di kalangan mahasiswa. Sedangkan untuk proses produksi dan teknologi tidak mengganggu masyarakat karena dengan teknologi tradisional tanpa membuat kegaduhan dan limbah berbahaya. Kami sebagai home industry terbuka bagi masyarakat, karena kami bisnis yang halal dan merakyat.


8.2   DAMPAK TERHADAP LINGKUNGAN

Proses produksi “vegebon” tidak mengganggu masyarakat dan tidak merusak lingkungan skitar, karena menggunakan teknologi tradisional dan tanpa bahan kimia maupun bahan pengawet berbahaya lainnya.
Untuk penanganan limbah sisa proses produksi, kami berencana akan menyetorkan limbah kami ke rummah kompos Unnes, karen limbah yang kami hasilkan hanya kulit-kulit kluwih dan bumbu lainnya yang dapat menjadi pupuk.

8.3   ANALISIS RESIKO USAHA

Karena produk vegetarian abon ini tidak hanya dipasarkan di rumah vegebon saja, seringkali produk yang ada di minimarket tidak semua laku.

8.4   ANTISIPASI RESIKO USAHA

Untuk mengatasi permasalah dimana tidak semua produk laku di minimarket yaitu dengan menganalisis dimana  wilayah yang paling laku atau paling banyak mengkonsumsi produk vegebon dengan menambah kuantitas produk dan mengurangi produk di wilayah dimanaproduk vegebon kurang laku.
-            


LAMPIRAN

A.    ANALISIS LINGKUNGAN BISNIS

STRENGTH (KEKUATAN): sebutkan asset atau hal yang paling berharga dalam organisasi anda saat ini, berikan komentar seperlunya.
1.        PRODUK
    Harga jual
    Mutu produk
    Desain dan variasi produk
    Perlengkapan (feature) tambahan
    Pengemasan & label
Produk vegebon adalah abon vegetarian yang dibuat tanpa mengolah daging namun diganti dengan buah keluwih. Vegebon di kemas dengan ukuran  hemat, sedang hingga besar dengan 2 varian rasa, yaitu original dan pedas. Harga 1 kg vegebon yaitu Rp 72.000
2.        FUNGSI PEMASARAN
    Promosi dan iklan
    Tenaga sales
Promosi dilakukan dengan banyak cara yaitu membuka stand-stand di event tertentu, brosur, pamphlet, online hingga siaran radio FM.
3.        DISTRIBUSI DAN PERSEDIAAN
    Kecepatan distribusi
    Ketepatan waktu pengiriman
    Ketersediaan barang
Distribusi vegebon di minimarket selalu dipantau setiap minggu. Kalau untuk pembelian online kami memanfaatkan go-jek. Karena masih disekitar semarang maka paling lambat pengiriman adalah 2 jam.
4.        PELAYANAN PELANGGAN
    Keramahan pelayanan
    Pelayanan purna jual
Sebelum bekerja, para karyawan dilatih untuk menjadi pelayan dengan baik. Mulai dari memperkenalkan produk hingga menawarkannya.
5.        ORGANISASI DAN SDM
    Wewenang dan delegasi
    Rekrutmen dan penempatan
    Tingkat keahlian khusus
    Tingkat pendidikan
    Pengalaman kerja
    Jumlah tenaga kerja
Di rumah vegebon, semua karyawan diwajibkan memiliki jiwa pelayan dan dapat melayani semua yang datang di rumah vegebon, owner juga merangkap tugas sebagai manajemen. Tingkat pendidikan minimal SMU dengan pengalaman kerj 1-2 tahun. Jumlah tenaga kerja adalah 5 orang.
6.        SISTEM MANAJEMEN
    Sistem pembukuan (akuntansi)
    Sistem administrasi
Sistem pembukuan dilakukan oleh owner yang memperoleh data dari bagian administrasi.
7.        PRODUKSI
    Biaya produksi
    Perencanaan produksi
    Kapasitas produksi
    Kemampuan pemenuhan order
    Fasilitas produksi
    Penanganan limbah produksi
Biaya setiap produksi perbulan rata-rata adalah Rp 11.000.000. perencanaan produksi diakukan diakhir bulan sebelum awal produksi untuk awal bulan. Limbah diberikan ke rumah kompos UNNES.
8.        TEKNOLOGI
    Penggunaan teknologi modern
Masih menggunakan alat-alat tradisional
9.        PEMANFAATAN TI
    Pemahaman manfaat TI
    Ketersediaan perangkat keras
    Ketersediaan perangkat lunak
    Kemampuan operator
Pemanfaatan TI di bidang manajemen, administrasi, desain produk dan pemasaran.
10.    LAIN-LAIN, SEBUTKAN:




WEAKNESS (KELEMAHAN): sebutkan permasalahan utama yang timbul di dalam organisasi / perusahaan anda saat ini, berikan komentar seperlunya.
1.        PRODUK
    Harga jual
    Mutu produk
    Desain dan variasi produk
    Perlengkapan (feature) tambahan
    Pengemasan & label
Karena masih menggunakan alat tradisional maka waktu produksi sedikit lebih lama.
2.        FUNGSI PEMASARAN
    Promosi dan iklan
    Tenaga sales
Masih kurangnya tenaga pemasaran sebagai sales.
3.        DISTRIBUSI DAN PERSEDIAAN
    Kecepatan distribusi
    Ketepatan waktu pengiriman
    Ketersediaan barang
Masih kurangnya komunikasi dengan go-jek. Belum memiliki kendaraan kusus untuk komersil.
4.        PELAYANAN PELANGGAN
    Keramahan pelayanan
    Pelayanan purna jual
Pengunjung harus antri.
5.        ORGANISASI DAN SDM
    Wewenang dan delegasi
    Rekrutmen dan penempatan
    Tingkat keahlian khusus
    Tingkat pendidikan
    Pengalaman kerja
    Jumlah tenaga kerja
Kurangnya karyawan sehingga semua karyawan mendapat double job desk.
6.        SISTEM MANAJEMEN
    Sistem pembukuan (akuntansi)
    Sistem administrasi
Tidak ada masalah
7.        PRODUKSI
    Biaya produksi
    Perencanaan produksi
    Kapasitas produksi
    Kemampuan pemenuhan order
    Fasilitas produksi
    Penanganan limbah produksi
Waktu yang terlampau lama untuk mengeringkan kluwih.
8.        TEKNOLOGI
    Penggunaan teknologi modern
Menggunakan alat tradisional
9.        PEMANFAATAN TI
    Pemahaman manfaat TI
    Ketersediaan perangkat keras
    Ketersediaan perangkat lunak
    Kemampuan operator
Mencukupi
10.    LAIN-LAIN, SEBUTKAN:





OPPORTUNITIES (PELUANG): sebutkan kesempatan atau peluang yang datangnya dari luar organisasi yang mungkin dapat diraih oleh organisasi anda saat ini, berikan komentar seperlunya.
1.        PERSAINGAN
    Persaingan untuk usaha sejenis
    Persaingan untuk produk substitusi
    Produk import
Di kawasan Semarang belum ada yang memproduksi maupun memasarkan Abon Kluwih
2.        PEMODALAN
    Hubungan dengan lembaga keuangan (perbankan)
    Kemudahan mendapatkan pinjaman
    Tingkat suku bunga kredit
Mempunyai hutang terhadap bank Mandiri sebesar Rp 4.000.000 dengan anggunan BPKB Sepeda Motor.
3.        KEBIJAKAN PEMERINTAH
    Perijinan dan birokrasi
    Peraturan pemerintah
    Perpajakan
    Kemudahan pengurusan eksport
    Kebijakan fiskal
Home industry dengan pajak sebesar 10% setiap bulan.
4.        PELUANG PASAR
    Akses dan informasi pasar
    Permintaan pasar
    Perilaku pasar
Peluang pasar sangat luas dengan berbagai cara promosi off line maupun online.
5.        PROTEKSI PASAR EKSPORT
    Proteksi pasar eksport
________
6.        KEMAJUAN TEKNOLOGI
    Perkembangan teknologi produksi
    Perkembangan TI
Kedepannya berencana mengadakan alat suwir kluwih.
Ada 2 PC.
7.        TENAGA KERJA
    Ketersediaan tenaga kerja sesuai kebutuhan
    Serikat pekerja
Tenaga kerja masih kurang di bagian pemasaran dan manajemen
8.        BAHAN BAKU
    Mutu bahan baku
    Fluktuasi harga bahan baku
    Ketersediaan bahan baku
 Bahan baku diambil dari kabupaten Klaten dengan kualitas terbaik. Dengan harga yang stabil.
9.        MASYARAKAT SEKITAR
    Tuntutan lembaga konsumen
    Sikap masyarakat terhadap produk
Masyarakat sekitar menerima dan mendukung adanya rumah serta produk dari “Vegebon”
10.    KONDISI PEREKONOMIAN
    Kondisi perekonomian dan perbankan (keuangan)
    Tingkat suku bunga deposito
Selama ini lancar, dengan angsuran yang dibayarkan setiap bulannya.
11.    LAIN-LAIN, SEBUTKAN:




THREATS (HAMBATAN): sebutkan ancaman atau hambatan yang datangnya dari luar organisasi yang mungkin dapat diraih oleh organisasi anda saat ini, berikan komentar seperlunya.
1.        PERSAINGAN
    Persaingan untuk usaha sejenis
    Persaingan untuk produk substitusi
    Produk import
Di kawasan Semarang belum ada yang memproduksi maupun memasarkan Abon Kluwih
2.        PEMODALAN
    Hubungan dengan lembaga keuangan (perbankan)
    Kemudahan mendapatkan pinjaman
    Tingkat suku bunga kredit
Mempunyai hutang terhadap bank Mandiri sebesar Rp 4.000.000 dengan anggunan BPKB Sepeda Motor.
3.        KEBIJAKAN PEMERINTAH
    Perijinan dan birokrasi
    Peraturan pemerintah
    Perpajakan
    Kemudahan pengurusan eksport
    Kebijakan fiskal
Home industry dengan pajak sebesar 10% setiap bulan.
4.        PELUANG PASAR
    Akses dan informasi pasar
    Permintaan pasar
    Perilaku pasar
Peluang pasar sangat luas dengan berbagai cara promosi off line maupun online.
5.        PROTEKSI PASAR EKSPORT
    Proteksi pasar eksport
________
6.        KEMAJUAN TEKNOLOGI
    Perkembangan teknologi produksi
    Perkembangan TI
Kedepannya berencana mengadakan alat suwir kluwih.
Ada 2 PC.
7.        TENAGA KERJA
    Ketersediaan tenaga kerja sesuai kebutuhan
    Serikat pekerja
Tenaga kerja masih kurang di bagian pemasaran dan manajemen
8.        BAHAN BAKU
    Mutu bahan baku
    Fluktuasi harga bahan baku
    Ketersediaan bahan baku
 Bahan baku diambil dari kabupaten Klaten dengan kualitas terbaik. Dengan harga yang stabil.
9.        MASYARAKAT SEKITAR
    Tuntutan lembaga konsumen
    Sikap masyarakat terhadap produk
Masyarakat sekitar menerima dan mendukung adanya rumah serta produk dari “Vegebon”
10.    KONDISI PEREKONOMIAN
    Kondisi perekonomian dan perbankan (keuangan)
    Tingkat suku bunga deposito
Selama ini lancar, dengan angsuran yang dibayarkan setiap bulannya.
11.    LAIN-LAIN, SEBUTKAN:





B.    KELENGKAPAN PERIJINAN (X)


 
 





C.     PETA LOKASI

_20151201_190820.JPG_20151201_190955.JPG
 
 





D.     FOTO PRODUK


9k=.jpgimages.jpg
 
 

 





1 komentar: